Senin, 21 September 2009

pengertian publik, massa, masyarakat, crowd & MOB

yippie.. dapet tugas cari pengertian dari publik, massa, masyarakat, crowd & mob nih.. sebenernya tugas ini udah pernah dapet sii pas di D3 dlu, tp dapet lg tugasNya, di smester ini. Sambil inget2 lagi n nge-search tgs opini publik d PC.. hehe.. baiklahh langsung aja nii definisi yang udah saya dapetin dari berbagai sumber (beberapa blog sbenernya!haha). buat yg dsni saya ambil sederhana aja, sekedar pengertiannya aja.. kalo2 ada yg butuh silakan.. hehehe..


Publik: sebagai salah satu kelompok dalam masyarakat di mana di dalam masyarakat yang sifatnya heterogen terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen. Homogen inilah yang dapat dikategorikan sebagai publik. Menurut Emery Bogardus, publik merupakan sejumlah orang yang bersatu dalam satu ikatan dan mempunyai pendirian sama terhadap suatu permasalahan sosial.

Massa secara umum massa diartikan sebagai orang yang tidak saling mengenal, berjumlah banyak, anggotanya heterogen, berkumpul di suatu tempat dan tidak individualistis. Massa memiliki kesadaran diri yang rendah, tidak dapat bergerak dengan terorganisir, tidak bertindak untuk dirinya sendiri melainkan terdapat “dalang” di belakangnya yang berfungsi memanipulasi mereka. Ini berbeda pengertiannya bila dikaitkan dengan ilmu komunikasi. Massa dalam komunikasi lebih merujuk pada penerima pesan media massa atau disebut audience.

Masyarakat menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Crowd Le Bon berpendapat bahwa dalam pengertian sehari-hari istilah kerumunan berarti sejumlah individu yang berkumpul bersama, namun dari segi psikologis istilah kerumunan mempunyai makna sekumpulan orang yang mempunyai ciri baru yang berbeda yaitu berhaluan sama dan kesadaran perseorangan lenyap dan terbentuknya satu makhluk tunggal kerumunan terorganisasi (organized crowd) atau kerumunan psikologis (psychological crowd).

MOB disini juga dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang melakukan gerakan massa secara sukarela dikarenakan adanya alasan tertentu (dalam Myers, 1996 : 305). Pelaku dari kerusuhan massa ini dapat digolongkan sebagai Pelaku aktif yakni orang yang secara aktif melakukan agresi dalam bentuk teriakan, gerakan menyerang dan melempari.

4 komentar:

  1. fa,,,dapet dari mana nyh????
    buku nya apaan????

    BalasHapus
  2. gak dari buku, fa dapet dari ngais2 blog orang! wkwkwk..

    BalasHapus
  3. SAFA......

    thanx...

    haik haik

    BalasHapus
  4. makasih ya safa atas datanya
    kahirnya siap juga tugasnya
    hehhehehehe

    BalasHapus